Rabu, 28 Januari 2009

SMK PGRI 4 "TRI BUANA" JOMBANG

A. VISI :

Ø Pofesional dalam bekerja sesuai dengan tuntutan DU/DI.

Ø Adaptif dan kreatif menghadapi perkembangan IPTEK.

Ø Berwawasan luas dan berjiwa mandiri.

Ø Berbudi luhur dan bertaqwa terhadap Tuhan YME.

B. MISI :

Ø Menyiapkan siswa yang mampu bersaing dalam pekerjaan dan bekerja secara profesional.

Ø Melaksanakan Proses Belajar Mengajar secara optimal dan efisien.

Ø Meningkatkan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri sebagai mitra kerja.

Ø Memotivasi siswa berjiwa wirausaha (entrepreneur)

Ø Memotivasi siswa untuk meningkatkan mutu akademik, bakat dan minat.

Ø Memotivasi Guru dan Karyawan bekerja secara optimal dan profesional.

C. Tujuan Program ;

Ø Mengembangkan sekolah dalam upaya menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas agar mampu mendukung pembangunan daerah Kab. Jombang dan sekitarnya.

Ø Membantu Dunia usaha dan Dunia Industri dengan cara menyediakan tenaga kerja yang berkualitas.

Ø Menyusun instrumen uji kompetensi mengacu kepada standar yang berlaku di industri, menerbitkan sertifikat kompetensi yang bisa berlaku di industri serta melaksanakan uji kompetensi di sekolah.

Ø Menjadikan SMK PGRI 4 TRI BUANA Jombang sebagai tempat pelaksanaan uji Kompetensi bagi siswa dan masyarakat di sekitar Pemerintah Kab. Jombang.

BAB II

PROGRAM KEAHLIAN YANG DIKEMBANGKAN

Di SMK PGRI 4 TRI BUANA Jombang mempunyai 4 program keahlian yaitu :

- AKOMODASI PERHOTELAN (APh)

- USAHA PERJALANAN WISATA (UPW)

Kemudian sekolah mengembangkan satu Program keahlian yaitu :

- MULTI MEDIA

Dasar pertimbangan pembukaan program keahlian Tekhnik Informatika Komputer dan Multi Media tersebut ialah :

- Banyaknya DU/DI yang mendukung, sehingga diharapkan dapat menampung siswa kami selama Prakerin maupun selepasnya mereka tamat dari sekolah, apabila mereka belum mandiri.

- Memenuhi animo masyarakat setempat

- Tersedianya tenaga pengajar yang sesuai

BAB III

PROFIL KOMPETENSI TAMATAN

PROGRAM KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN

DAN USAHA PERJALANAN WISATA

KOMPETENSI SISWA YANG DIMILIKI MELIPUTI :

A. Akomodasi Perhotelan

Kompetensi siswa yang dimiliki :

a. Melaksanakan pelayanan prima

b. Melaksanakan prosedur tata graha / penyiapan akomodasi

c. Melayani pencucian pakaian tamu

d. Melayani pemesanan makanan

e. Pelayanan di restoran (waiter)

f. Pelayanan penerimaan tamu

g. Memproses pemberangkatan tamu

h. Menangani masalah barang-barang tamu

i. Membuat taman dalam ruang / luar ruang

j. Membuat sketsa taman dan panggung

k. Membuat sketsa meja (table skirting)

l. Melaksanakan pembersihan ruangan dan luar ruangan

B. UPW

Kompetensi yang dimiliki siswa :

a. Melaksanakan prosedur pemesanan tiket transportasi

b. Melaksanakan guiding (pemandu wisata)

c. Pelayanan prima di Industri, angkutan udara, laut, darat

d. Membuat rancangan perjalanan wisata

e. Membuat rancangan event, perjamuan, dll.

f. Melaksanakan prosedur penjualan tiket transportas.

C. Multi Media

Kompetensi yang dimiliki siswa

a. Perawatan PC dan penunjangnya

b. Menginstal Software dan S/O

c. Mengoperasikan web Browser, email client, Program FTP

d. Memback up software

e. Memperbaiki dan atau setting ulang sistem PC

f. Mengoperasikan S/O

g. Mengoperasikan CAD/CAM

h. Perbaikan peripheral Komputer

i. Mengoperasikan peralatan rekam gambar dan suara (Handycam dan tape / CD audio)

j. Mentraster dari handycam / tape ke dalam CD

BAB IV

ANALISIS SWOT

1. Strength

- Dokumen Stakeholder

- Tersedianya Sumber Daya Manusia siap latih

- Tersedianya infrastruktur yang menunjang

- Ada dana pendukung

- Ada Lembaga Diklat penjamin mutu instruktur

- Adanya hubungan yang baik antara stakeholder, Pemerintah Kabupaten dan Dunia Usaha/Dunia Industri

2. Weakness

- Terbatasnya instruktur yang berkualitas

- Perlunya dukungan semua fihak karena merupakan lembaga baru

- Pemahaman standarisasi yang terbatas

- Sedikitnya peralatan penunjang

3. Threat

- Perubahan pola kesejahteraan masyarakat sangat cepat sehingga membuat pengguna jasa pariwisata harus selalu mengembangkan diri.

- Pengguna peralatan yang sangat besar sehingga menjadikan kekuatan peralatan tersebut cepat menyusut

- Sumber Daya Manusia / Instruktur yang handal yang menjadikan mereka harus mampu berinovasi dan berkreasi.

4. Opportunity

- Aplikasi kepariwisataan berkembang pesat di segala bidang

- Banyak daerah yang merencanakan pengembangan kepariwisataan

- Pesaing Lembaga Assessor jenis ini belum banyak.


PENUTUP DAN KESIMPULAN


Segala upaya menuju kualitas pendidikan dapat dilaksanakan dengan paradikma penyelenggaraan pendidikan yang baru yaitu dengan manajemen peningkatan kualitas pendidikan berbasis sekolah dengan competensi Base Training. Maka dengan itu semua warga sekolah bersama dengan stakeholder yang ada harus peduli dan turut serta secara aktif untuk kelancaran dan akeberhasilan program tersebut.

Untuk itu dibutuhkan partisipasi dan dukungan dari semua pihak dengan segala potensinya perlu ditingkatkan. Sejalan dengan itu sekolah juga mempersiapkan diri secara baik dengan inovasi-inovasi untuk peningkatan kualitas pendidikan perlu dilakukan dengan stakeholder secara kolaboratif dan kooperatif

Sejalan dengan hal tersebut di atas SMK PGRI 4 TRI BUANA Jombang telah mempersiapkan diri dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Syukur alhamudlilah SMK PGRI 4 TRI BUANA Jombang telah cukup berhasil melibatkan peran Komite Sekolah, Masyarakat dan Orang tua. Dunia Usaha yang semula terbatas penyandang dana dalam pendidikan, telah ditingkatkan perannya dengan melibatkan diri dalam proses perencanaan pelaksanaan, evaluasi dan akuntanbilitas di sekolah. Selain itu kami juga mempunyai komitmen yang sungguh-sungguh dalam penyelenggaraan pendidikan dengan mempertimbangkan input, proses dan outputnya.

Akhirnya tidak ada gading yang tak retak kami menyadari apa yang telah kami lakukan masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu semua bantuan material maupun non material selalu kami terima dengan tangan terbuka demi satu tujuan untuk keberhasilan dan kemajuan mutu pendidikan di Indonesia dalam era globalisasi.

0 komentar: