Kamis, 05 Februari 2009

BEDA MANGKUK DAN PIRING

Aku Baru tau Beda antara Mangkuk dan Piring

Anda mungkin bertanya, benar ini, lue gak tau apa itu mangkok dan piring? Hah….lue pasti bercanda kan??
Jawabannya bisa ya bisa tidak.. Secara bentuk dan konseptual literasi, ya saya tahu apa perbedaan antara mangkuk dan piring. Kalo mangkok (En. bowl) bentuknya seperti cawan dan biasanya digunakan untuk memesan “bang pesan satu mangkok mie *** “ Sedangkan piring (plate) bentuknya lebih plat dan biasanya digunakan untuk memesan, “nasi goreng komplitnya dua piring yah…Mas…

Baik bentuk maupun pengunaannya sudah berbeda, itu sudah saya tahu. Piring umumnya digunakan untuk makanan yang tidak berkuah, sedangkan mangkuk justru sebaliknya Namun, selama ini saya gak sempat memperhatikan alasan lain mengapaada perbedaan penggunaaan antara mangkuk dan piring sebagai peralatan makanan.

Kisah ini bermula, tadi malam pas saya makan nasi bukan menggunakan piring, tapi menggunakan mangkuk. Soalnya piringnya masih digunakan, hanya tinggal mangkuk saja. Nasi yang panas saya taruh dalam mangkuk dan lauk serta sayur yang saya beli langsung saya tuangkan. Wah..meskipun sudah didiamin cukup lama, ternyata nasi di dalam mangkuk (bagian dalam) masih panas. Hal ini tentu berbeda bila nasi ditaruh dalam piring. Sehingga ada satu pengalaman dan pelajaran yang menarik yakni mangkuk lebih bagus dalam mempertahankan suhu makanan dibanding piring.

Penjelasan Ilmiah

Ini sebenarnya dapat dijelaskan secara teori fisis mengenai pendinginan thermal. Teori pendinginan (cooling systems) merupakan salah satu teori dan hal sangat penting dalam teknologi IC. Sistem pendingin merupakan salah satu topik khusus yang sangat penting dalam berbagai perancangan sistem IC prosesor, chip, mesin pendingin, dan masih banyak lagi. Bisa dibayangkan, jika tidak ada komponen pendingin (keping sirip alumunium + kipas) di prosesor komputer ataupun laptop Anda, maka suhunya prosesor (pentium 4 up) akan menyamai suhu air mendidih. Namun, sebelum menyamai suhu air mendidih, komputer anda akan mati terlebih dahulu..

Kok, jadi bahas komputer sih…Oke,lanjutin. Makanan pada mangkuk (awalnya digunakan di daratan China) memiliki permukaan sentuh yang jauh lebih kecil dibanding piring. Hal ini menyebabkan proses pendinginan makanan pada mangkuk akan lebih lambat daripada piring. Karena kecepatan pendinginan sebanding dengan luas permukaan sentuh (selain faktor perbedaan suhu, angin). Oleh karena itu, jika anda berada di daerah yang dingin dan akan menikmati makanan yang tetap hangat dalam kurun waktu yang lama, maka silahkan menggunakan mangkuk.

ech-2 Feb 2009
Indonesia Opinion

*catatan : mangkuk (standar KBBI), sedangkan kata mangkok bukan standar KBBI (kamus besar bahasa Indonesia)

0 komentar: