Jumat, 04 September 2009

Tidur Teratur Dapat Menurunkan Berat Badan

Tidur Teratur Dapat Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menujukkan ada hubungan antara kebiasaan tidur dengan berat badan. Tidur teratur tidak hanya bisa membuat tubuh Anda segar tetapi juga bisa menstabilkan dan bisa menurunkan berat badan Anda.
Seseorang yang tidak tidur dengan cukup memiliki risiko besar terkena obesitas atau kelebihan berat badan. Hal itu sangat terlihat pada anak-anak dan orang tua. Penyebabnya adalah saat kurang tidur tubuh akan memproduksi hormon leptin dan ghrelin yang memicu rasa lapar. Rasa lapar itulah yang memicu seseorang untuk mengudap makanan lebih dari biasanya.

Dua hormon tersebut memang membuat lebih rasa lapar seseorang yang kurang tidur akan lebih terasa dari biasanya. Tentu saja hal itu membuat makan lebih banyak dan berpengaruh pada bertambahnya berat badan. Penyebab lainnya adalah seseorang yang kurang tidur cenderung selalu merasa lemas dan membuatnya kurang bergerak dan berolahraga. Dengan banyaknya asupan makanan tanpa diimbangi dengan olahraga, berat badan pun makin lama makin bertambah.

Agar berat badan Anda tidak semakin bertambah karena kurang tidur sebaiknya selalu tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap hari. Tidur dan bangunlah pada jam yang sama setiap harinya. Dengan begitu tidur Anda lebih teratur dan berkualitas.

Hindari atau kurangi konsumsi kafein karena bisa membuat Anda sulit tidur. Selain itu, kafein juga bisa memicu maag yang membuat Anda sulit tidur. Olahragalah secara teratur tetapi jangan sebelum tidur. Olahraga akan membuat temperatur tubuh meningkat dan membuat Anda sulit tidur. Buatlah suasana kamar dengan pencahayaan yang nyaman dan jangan meletakkan televisi dalam kamar.

Jika selama ini Anda selalu berolahraga dan diet tetapi berat badan tetap naik mungkin karena waktu tidur yang kurang. Aturlah jadwal Anda dengan baik agar bisa tidur cukup dan berat badan tetap stabil.

Sumber:kosmo.vivanews.com

0 komentar: